Kembangkan Danau Toba, Pemerintah Segera Gunakan 200 Juta USD Dana Bank Dunia

Travel
Binsar Marulitua
16 Okt 2019   13:30 WIB

Komentar
Kembangkan Danau Toba, Pemerintah Segera  Gunakan 200 Juta USD Dana Bank Dunia

Lanskap Danau Toba (Foto : Kemenpar)

Trubus.id -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut B. Pandjaitan mengemukakan pemerintah akan segera mengucurkan dana sebesar 200 juta USD dari World Bank untuk pengembangan pariwisata di Danau Toba. Dana pengembangan wisata tersebut, di luar anggaran pemerintah sebesar Rp4,04 triliun. 

"Dana tersebut untuk pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata, semisal untuk pembangunan jalan, pembenahan spot-spot turis dan juga untuk proyek infrastruktur lain," jelas Luhut bebeapa waktu lalu. 

Luhut menjelaskan, anggaran tersebut diproyeksikan untuk pembangunan dirancang dari Siantar sampai dengan Parapat.  Selain itu pengembangan 39 spot turis. Selanjutnya pengembangan lapangan terbang, dan alokasi untuk pemberdayaan masyarakat. 

Baca Lainnya : Jokowi Akan Prioritaskan Dana Desa untuk Pengembangan SDM

"Semua kita buat holistik, Grab masuk, SIAP masuk, OYO masuk, nanti masyarakat akan dibina. Untuk loan nya nanti bisa dipinjami dari BRI, dan sudah kita buat skemanya dengan blended finance," tambahnya. 

Menteri Luhut juga menampik bahwa pengembangan pariwsata Danau Toba akan merampas kepemilikan hak rumah warga sekitar. Menurutnya, pemerintah tetap pada komitmennya untuk mengembangkan rumah masyarakat untuk dikembalikan seperti aslinya, yakni rumah Batak. 

"Agar nanti turis bisa datang ke situ. Atau rumah itu dijadikan homestay, dan masyarakat yang terima langsung untungnya,” lanjut Menko Luhut.

Baca Lainnya : Lestarikan Danau Toba, KKP Sosialisasikan Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan

Dengan tegas, lanjut Luhut, pemerintah tetap mendengarkan aspirasi dari masyarakat adat Danau Toba dan melibatkan masyarakat sekitar dalam pengembangan destinasi wisata termasuk memberdayakan warga sekitar.

"Jadi apabila ada komplain di sana-sini jangan pernah ragu, beritahu kita. Yang pasti semangat dari kita itu sangat baik," tegasnya. 


 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Serunya Menikmati Perjalanan Menuju Danau Kelimutu

Travel   15 Jan 2020 - 19:34 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: