Guru Besar di IPB Ajarkan Ibu-ibu Membuat Beras Kencur, Potensi Minyak Ikan Hingga Pencegahan Agar Terhindar dari Covid-19

Peristiwa
Astri Sofyanti
26 Des 2020   10:00 WIB

Komentar
Guru Besar di IPB Ajarkan Ibu-ibu Membuat Beras Kencur, Potensi Minyak Ikan Hingga Pencegahan Agar Terhindar dari Covid-19

Ilustrasi - Beras kencur. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Para pakar di IPB University berikan penyuluhan manfaat minyak ikan dan tanaman sayur serta rempah yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh dalam rangka mencegah Covid-19, beberapa waktu lalu. Kegiatan ini merupakan bagian dari program Guru Besar Mengabdi yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) IPB University.

Dalam kesempatan ini, Prof Dr Sugeng Heri Suseno dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), Prof Ikeu Tanziha dari Fakultas Ekologi Manusia (Fema) dan Dr Nancy Dewi Yuliana dari Fakultas Teknologi Pertanian (Fateta) memberikan penyuluhan kepada warga di Perumahan IPB Alam Sinarsari, Dramaga Bogor.

Dalam uraiannya, Dr Nancy memberikan materi tentang manfaat sayur serta rempah untuk menjaga daya tahan tubuh. Di antara bahan-bahan makanan yang bisa dimanfaatkan ternyata banyak yang berasal dari sekitar rumah dan tidak asing lagi bagi ibu-ibu. Contohnya adalah bunga kecombrang, leunca, takokak dan yang lainnya yang merupakan tanaman khas yang tumbuh di daerah Jawa Barat.

Nancy juga memberikan demo cara pembuatan minuman beras kencur yang merupakan salah satu minuman kesehatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh di masa pandemi.

Sementara itu, Prof Sugeng memberikan penyuluhan tentang manfaat minyak ikan dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Menurutnya, masih sedikit masyarakat yang mau mengkonsumsi ikan. Apalagi minyak ikan.

“Perbandingannya satu banding dua puluh. Padahal minyak ikan ini manfaatnya sangat banyak sekali. Diantaranya meningkatkan kecerdasan anak, mengurangi kolesterol sehingga banyak direkomendasikan oleh dokter-dokter jantung dalam menangani pasiennya. Juga untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan memberikan edukasi kepada ibu-ibu diharapkan perbandingan konsumsi minyak ikan ini bisa dinaikkan menjadi satu banding enam,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Redaksi Trubus.id.

Pada sesi Prof Ikeu, ia memberikan materi yang berjudul Membentengi Diri, Keluarga dan Masyarakat dari Covid-19. Prof Ikeu menjelaskan tentang cara penularan, gejala yang dirasakan dan pencegahan agar terhindar dari penyakit yang saat ini sedang mewabah dan sangat meresahkan masyarakat ini.

“Selain menambah pengetahuan ibu-ibu peserta pelatihan, kami ingin agar ilmu yang didapat hari ini dapat langsung dipraktikkan sehingga bisa membantu mempersiapkan keluarga dalam menghadapi pandemi ini dengan lebih baik lagi,” ujarnya.

Kegiatan serupa berlanjut di hari yang sama di Kelurahan Pasir Kuda, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: