Hadapi Covid-19, Mentan Syahrul Imbau Masyarakat Tidak Perlu Panic Buying

Peristiwa
Astri Sofyanti
19 Mar 2020   13:37 WIB

Komentar
Hadapi Covid-19, Mentan Syahrul Imbau Masyarakat Tidak Perlu Panic Buying

Mentan Syahrul melakukan pelepasan mobil operasional untuk menggelar operasi pasar ke 10 pasar di DKI Jakarta, Kamis (19/3/20) (Foto : Biro Humas Kementerian Pertanian)

Trubus.id -- Di tengah merebaknya virus corona (Covid-19), Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak masyarakat untuk tidak berbelanja secara berlebihan (panic buying). Terlebih sebentar lagi seluruh umat muslim di Indonesia akan segera memasuki bulan suci Ramadan dan Idul Fitri. Guna mengantisipasi gejolak harga pangan di pasaran, Mentan Syahrul akan terus berupaya mengendalikan harga pangan, salah satu caranya dengan menggelar Operasi Pasar.

Setelah sukses menggelar Operasi Pasar di lima pasar di DKI Jakarta, hari ini, Kamis (19/3) Kementerian Pertanian kebali menggelar Operasi Pasar di 10 pasar di Jakarta. Tak hanya megguyur bahan pangan ke pasaran, Mentan Syahrul juga memantau harga pangan dengan terjun langsung ke pasar-pasar di ibukota.

Operasi Pasar Murah diselenggarakan di Pasar Kalideres, Pasar Baru Metro, Pasar Kalibaru, Pasar Tanah Abang, Pasar Gondangdia, Pasar Pluit, Pasar Glodok, Pasar Tebet Barat, Pasar Rawa Badak, Pasar Johar Baru dan Toko Tani Indonesia Center (TTIC) Pasar Minggu.

" Saya sampaikan sesuai dengan hitungan yang sudah kami lakukan Insya Allah 11 kebutuhan bahan pangan dasar cukup tersedia asal masyarakat jangan panic buying," kata Syahrul saat menggelar  pasar murah di TTIC Pasar Minggu, Jakarta, Kamis(19/3).

Syahrul menegaskan bahwa Kementan bersama dengan mitra akan saling bekerja sama dalam menyediakan stok bahan pangan dipasar. Ia juga mengajak semua pengusaha untuk turut tangan dalam menjaga stabilisasi harga di pasar.

" Jangan ada orang atau pengusaha yang mau untung sendiri dan kemudian memberikan kepanikan pada rakyat," ucapnya.

Mentan mengungkapkan bahwa gelar pasar murah ini dilakukan untuk memberikan kepastian ke masyarakat jika bahan pokok kebutuhan dasar masih aman dan pasar murah nanti akan digelar juga diberbagai daerah di luar Jakarta.

"Hari ini di DKI Jakarta kita gelar pasar murah namun jangan beli berlebihan karena jika kita makan gula berlebihan juga akan berdampak sakit gula," tambah Syahrul.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian (Kementan), Agung Hendriadi mengungkapkan jika khusus di DKI Jakarta Kementan nanti akan beroperasi pasar di 49 pasar.

" Namun khusus hari ini kita batasi di 10 pasar terlebih dahulu," ungkap Agung.

Dalam operasi pasar ini, 3 bahan pokok dasar dijual dengan harga murah yakni Gula sebanyak 2 Ton dengan harga Rp12.500 per kilogram (kg), Beras sebanyak 2 Ton dengan harga Rp8.500 per kg dan Telur sebanyak 2,5 Ton dengan harga Rp23.000 per kg.

" Insya Allah dengan operasi pasar ini kita akan bisa mengendalikan harga khusunya harga gula pasir, telur dan beras. Saya berterima kasih  semua berkat kerja keras kita semua," tutup Agung.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: