Mendag Sebut Bahan Makanan Sumbang Inflasi Terbesar Oktober 2019

Peristiwa
Astri Sofyanti
13 Nov 2019   15:00 WIB

Komentar
Mendag Sebut Bahan Makanan Sumbang Inflasi Terbesar Oktober 2019

Cabai merah di pasar yang turut menyumbang kenaikan inflasi (Foto : Trubusid/Astri Sofyanti)

Trubus.id -- Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat bahan makanan menjadi penyumbang inflasi terbesar pada Oktober 2019. Inflasi di Oktober 2019 dari bulan ke bulan naik sebesar 0,2 persen, sementara inflasi sepanjang tahun 2019 (year to date sebesar 2,2 persen) atau masih dalam kisaran harga 3,5 + 1 persen.

“Tantangan yang perlu kita antisipasi adalah inflasi di kelompok bahan makanan tahun 2019 yang cenderung naik, serta kemarau panjang yang hampir merata di seluruh wilayah Indonesia,” demikian dikatakan Menteri Perdagangan (Mendag) Agus Suparmanto ketika ditemui di Kantor Pusat Kementerian Perdagangan, M.I Ridwan Rais, Jakarta Pusat, Rabu (13/11).

Diakui Agus, kelompok bahan makanan Oktober 2019 (mounth to mounth) mengalami deflasi sebesar 0,41 persen, tapi jika dilihat secara keseluruhan inflasi kelompok bahan makanan 2019 (year to year) sebesar 3,09 persen atau tertinggi dibanding dengan kelompok pengeluaran lainnya.

Diakui Agus, beberapa faktor utama naiknya inflasi tersebut adalah akibat kenaikan harga cabai merah yang diakibatkan ooleh kemarau panjang. “Ini yang benar-benar harus kita antisipasi dan kita waspadai,” tambahnya.

Lebih lanjut Agus mengungkapkan, menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020, berbagai elemen harus meningkatkan sinergisitas dan koordinasi untuk menjaga kecukupan barang kebutuhan pokok (bapok) dalam rangka menjafa stablisasi harga.

Data BPS sampai minggu ke empat Oktober 2019, harga barang kebutuhan pokok dibanding bulan sebelumnya relatif stabil seperti beras, daging sapi, minyak goreng, tepung terigu, gula dan bawang putih.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: