Menko Kemaritiman Sarankan Jangan Lagi Impor Garam

Peristiwa
Binsar Marulitua
24 Juli 2019   08:00 WIB

Komentar
Menko Kemaritiman Sarankan Jangan Lagi Impor Garam

Ilustrasi petani garam (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Menteri Koordinator (Menko) bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan menyarankan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tidak lagi mengimpor garam. Hal tersebut  dinilai membuat harga garam turun, apalagi impor pada waktu panen.

“Karena dengan kita dapat 5.270 hektar ya yang di Kupang, itu produksi garam industri kita sudah sampai kepada tambah 800-an ribu ton pada 2021. Jadi sebenarnya kita ndak usah lagi impor-impor,” kata Menko Luhut, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (22/7/2019).

Baca Lainnya : Peneliti Nilai Pemerintah Perlu Dorong Petani Garam Penuhi Kebutuhan Industri

Namun, karena tambahan produksi garam itu diprediksi terjadi tahun 2021, Luhut menyarankan agar mulai sekarang secara bertahap impor garam dikurangi.

“Sekarang ini saya sarankan Presiden tadi eloknya enggak udah ada impor-impor lagi lah itu bikin jadi kacau itu,” ujar Luhut.

Mengenai industri makanan minuman yang memerlukan garam industri, Menko Luhut Pandjaitan mengaku memahami. Tapi Luhut meyakini, jika industri tersebut sudah punya stok garam dalam jumlah yang cukup.

“Ya kalau sudah ada ngapain impor-impor. Sekarang yang bikin current defisit kita,  terlalu banyak impor, kita enggak produksi,” tutur Luhut. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Mentan Perkuat Regenerasi Petani Lewat Smartfarming

Peristiwa   14 Juni 2021 - 10:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: