Jaga Stabilisasi Harga Selama Bulan Ramadan, Pemkot Palu Gelar Pasar Murah

Peristiwa
Astri Sofyanti
07 Mei 2019   15:30 WIB

Komentar
Jaga Stabilisasi Harga Selama Bulan Ramadan, Pemkot Palu Gelar Pasar Murah

Ilustrasi pasar murah (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Dalam rangka menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok selama bulan Ramadan, Pemerintah Kota (Pemkot) Palu, Sulawesi Tengah menggelar pasar murah. Pasar murah dilakukan karena setiap kali bulan Ramadan tiba, beberapa komoditas pangan di Kota Palu melonjak.

Mengingat perekonomian masyarakat di Palu yang baru kembali pulih usai dilanda bencana pada September 2018 lalu, maka, kehadiran pasar murah begitu di tunggu-tunggu warga Palu. 

Pasar murah di gelar di halaman Kantor Dinas Perdagangan Kota Palu di Jalan S Parman itu berlangsung selama dua hari, yakni Selasa (7/5) hingga Rabu (8/5).

Berbagai kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau bisa didapatkan warga. Bahkan warga datang dari berbagai penjuru Kota Palu dan sekitarnya.

Baca Lainnya : Terlambat Dibangun, 339 Huntara di Kota Palu Belum Juga Dihuni

Sejumlah komoditas pangan mulai dari telur, gula pasir, tepung terigu, dan minyak goreng diserbu oleh masyarakat. Hal ini karena harga yang dijual di pasar murah jauh lebih terjangkau daripada di pasar.

Misalkan minyak goreng satu liter dijual di pasar murah hanya Rp11.500 per kilogram (kg), sedangkan di pasaran mencapai Rp13.000 per kg. Gula pasir Rp11.000 per kg, sementara di pasaran rata-rata harga gula pasir sebesar Rp13.000 per kg.

Sementara bawang putih, di pasar murah tersebut dijual dengan harga Rp25.000 per kg, pasahal di pasaran harga bawang putih masih Rp50.000 per kg.

Baca Lainnya : Rumah Korban Tsunami Palu di Zona Merah Tak Dapat Dana Stimulan

Diakui Junaidi, salah seorang tokoh masyarakat di Kota Palu, mengutip Antaranews, Selasa (7/5) mengatakan, kegiatan tersebut memang dibutuhkan warga, apalagi dalam menghadapi Ramadhan di mana harga berbagai kebutuhan di pasar-pasar selalu bergerak naik.

"Apa yang dilakukan pemerintah dengan melaksanakan pasar murah sudah sangat tepat dalam rangka membantu warga dan tentu akan berpengaruh besar terhadap pergerakan harga di pasaran," ujar Junaidi. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: