Balitbangtan Temukan Formula Konsentrat yang Bisa Buat Ternak Rutin Beranak

Peristiwa
Syahroni
15 Feb 2019   07:00 WIB

Komentar
Balitbangtan Temukan Formula Konsentrat yang Bisa Buat Ternak Rutin Beranak

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), melalui Peneliti Balai Penelitian Ternak (Balitnak), menemukan formula konsentrat hijau yang diberi nama Green Leaves Concentrate (GLC). Formula ini diklaim mampu membuat hewan ternak bisa beranak setiap tahun. 

Formula konstrat itu sendiri mengandung nutrisi yang diekstrasi dari empat macam tepung daun yaitu daun Gliricidia, daun Leucaena, daun Indigofera dan daun Katuk. Keempat daun tersebut dipilih karena kaya kandungan protein dengan profil asam amino lengkap.

Baca Lainnya : Tahun Ini Program Asuransi Usaha Ternak Sapi Mulai Terapkan Sistem Online

Protein dan asam amino inilah yang menjadi sumber protein konsentrat menggantikan peran serealia dalam konsentrat konvensional. Secara teknis, konsentrat hijau juga berperan menjaga mutu produk ternak lebih sehat karena mengandung beta karoten, vitamin E, tanin, saponin, dan xantofil.

Selain itu, ada juga kandungan senyawa lain yang efek herbal dan antioksidan, sehingga memberi manfaat sebagai pakan fungsional. Konsentrat hijau atau Green Leaves Concentrate (GLC) mampu meningkatkan hormon reproduksi sehingga mempercepat masa birahi dan beranak setiap tahun.

Selain itu keunggulan lain dari invensi ini adalah formula GLC dapat meningkatkan kandungan protein dari pakan basal. Untuk induk produktif, GLC dapat meningkatkan hormone reproduksi yang akan mempercepat masa birahi.

Baca Lainnya : Dinas Peternakan Boyolali Kembangkan Aplikasi Simapi

Dengan demikian, induk dapat segera dikawinkan setelah melahirkan. Hal ini berarti pula memperpendek jarak beranak (calving interval) sehingga dapat menghasilkan anak setiap tahun.

Dengan demikian invensi ini dapat menjawab permasalahan yang selama ini dihadapi oleh para peternak ruminansia yaitu pakan dan reproduksi ternak. Pakan menyumbang 70% dari total biaya produksi sebuah peternakan, terutama ternak ruminansia. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Mentan Perkuat Regenerasi Petani Lewat Smartfarming

Peristiwa   14 Juni 2021 - 10:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: