Pasar Murah Sediakan 21,5 Ton Telur, Dimana Saja Lokasinya?

Peristiwa
Astri Sofyanti
28 Des 2018   16:15 WIB

Komentar
Pasar Murah Sediakan 21,5 Ton Telur, Dimana Saja Lokasinya?

kepala badan ketahanan pangan, kementan agung hendriadi. (Foto : Astri Sofyanti/ trubus.id)

Trubus.id -- Permintaan dan konsumsi pangan diprediksi terus meningkat hingga pergantian tahun 2019 nanti. Melihat kondisi tersebut Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, menggelar pasar murah telur dalam rangka stabilisasi harga kebutujan pokok saat Hari Besar Keagamaan Nasioal (HBKN) Natal dan tahun baru 2019.

BKP mendistribusikan telur ayam dengan harga murah ke sejumlah pasar di Jakarta. Dengan menggelar pasar murah telur ini, diharapkan masyarakat bisa mendapatkan harga kebutuhan pokok seperti telur ayam dengan harga yang terjangkau.

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi mengatakan, pihaknya telah bekerja sama dengan berbagai stakeholder, termasuk peternak, untuk menjual telur ayam seharga Rp23.000 per kilogram (kg).

Baca Lainnya: Heboh, Operasi Pasar Telur Ayam Kementan Langsung Diserbu

"Kementan bekerja sama dengan para peternak, produsen telur, bersama-sama ingin mengembalikan sesuai harga acuan pemerintah yaitu Rp23.000 per kilogram," demikiam disampaikan Agung saat ditemui di Kememterian Pertanian, Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (28/12).

BKP sendiri menggelar pasar murah di 11 lokasi yang tersebar di Jakarta yakni Toko Tani Indonesia Center, Taman Bona Indah, Pasar Pulogadung, Pasar Tebet Barat, Pasar Grogol, Pasar Cijantung, Pasar Mampang, Kecamatan Mampang, Pasar Jatinegara, Pasar Cibubur, dan Pasar Lenteng Agung.

"Di pasar murah telur, jumlah telur ayam yang akan digelontorkan mencapai 21,5 ton," ungkapnya kembali.

Lebih lanjut Agung mengatakan, belakangan harga telur ayam di pasaran meresahkan masyarakat. Telur ayam yang biasanya dijual Rp23.000 per kg, melonjak naik jadi Rp28.000 per kg. Kenaikan harga terjadi sejak awal Desember lalu, menjelang Hari Raya Natal hingga tahun baru 2019.

Baca Lainnya: Operasi Pasar Murah, Pemkot Surakarta Sediakan 300 Kg Telur Ayam

"Kami jual ke beberapa daerah di Jakarta bekerja sama dengan PD Pasar Jaya. Kita juga punya lapak penjualan komoditas yang dianggap perlu dilakukan operasi pasar," ujar Agung menambahkan.

Pasar murah ini dilakulam bersama Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, PT Food Station, PD Pasar Jaya, PT Puri Farm, PT Atung Farm, UD Rejeki Baru, Intan Telur, Pinsar Indonesia, dan Paguyuban Peternak Rakyat Indonesia. Agung menjamin kualitas telur ayam yang didistribusikan meski harganya murah. Sebab, telur tersebut dibeli langsung dari produsen sesuai dengan harga acuan pemerintah.

"Kita beli telur untuk operasi pasar dari produsen sekitar Rp22.000 sampai Rp23.000 per kg. Pemerintah tetap jualnya Rp23.000 per kg," imbuhnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Mentan Perkuat Regenerasi Petani Lewat Smartfarming

Peristiwa   14 Juni 2021 - 10:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: