Berpotensi Dilanda Tsunami, Warga Pulau Sebuku dan Sebesi Dievakuasi 

Peristiwa
Binsar Marulitua
26 Des 2018   16:00 WIB

Komentar
Berpotensi Dilanda Tsunami, Warga Pulau Sebuku dan Sebesi Dievakuasi 

Warga di Pulau Sebuku dan Sebesi dievakuasi menyusul adanya peluang tsunami yang bisa melanda pemukiman mereka. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga agar menghindari lokasi pesisir atau pantai dalam radius 500 meter hingga 1 kilometer yang berbatasan dengan Selat Sunda terkait potensi tsunami. Peringatan ini membuat sekitar seribu warga dari Pulau Sebesi dan Pulau Sebuku di Kabupaten Lampung Selatan terpaksa dievakuasi.

Proses evakuasi menggunakan empat kapal dyang dilaksanakan aparat Kepolisian Daerah dan Pemerintah Provinsi Lampung. Untuk sementara, para warga akan dievakuasi menuju Dermaga V, Pelabuhan Bakauheuni, Lampung Selatan. 

Baca Lainnya : BMKG Keluarkan Peringatan Dini Tsunami Meski Gempa Hanya Bermagnitudo 3,4 di Selat Sunda

"Terdata hingga pagi ini yang akan dievakuasi dari Pulau Sebesi 957 orang dan Pulau Sebuku 50 orang. Mereka akan dievakuasi ke Dermaga V, Pelabuhan Bakauheni, Lamsel," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Lampung, Kombes Pol Sulistyaningsih di Bandarlampung, Rabu (26/12).

Baca Lainnya : Khawatir Tsunami Lagi, Ratusan Warga di Pesisir Lampung Kembali Mengungsi

Sulis mengatakan evakuasi akan dilakukan menggunakan KM Jembio, KM Trisula, KM Sabuk Nusantara, dan KM Jatra III. "Pengangkutan akan difokuskan pada KM Jatra III dan KM Sabuk Nusantara. Sedangkan KM Trisula dan KM Jembio untuk feeder dari pelabuhan ke kapal," kata dia.

Menurut dia, KM Jembio dan KM Trisula sudah siaga di Pulau Sebesi dan KM Sabuk Nusantara dan KM Jatra III dalam perjalanan menuju lokasi. "Pagi ini kondisi perairan di Pulau Sebesi tenang. Evakuasi sampai saat ini sedang berlangsung," katanya lagi. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: