Enam Unit Kapal Kemenhub Salurkan Bantuan Korban Tsunami Selat Sunda

Peristiwa
Karmin Winarta
24 Des 2018   17:00 WIB

Komentar
Enam Unit Kapal Kemenhub Salurkan Bantuan Korban Tsunami Selat Sunda

Kapal untuk mengangkut bantuan tsunami Sunda Kelaoa (Foto : Yandi)

Trubus.id -- Kemenhub menerjunkan enam unit kapal untuk menyalurkan bantuan logistik bagi korban tsunami Selat Sunda.

Bantuan makanan cepat saji, air minum hingga peralatan medis, disalurkan melalui jalur laut untuk menjangkau pulau-pukau kecil dan pesisir pantai di Ujung Kulon, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Banten.

"Kami hanya membawa (bantuan) ke lokasi yang dituju, untuk penyampaiannya (penyaluran bantuan) di sana itu ada tim khusus," kata Kapten Sugiyo, nahkoda KN Adem, saat ditemui di Pelabuhan Indah Kiyat, Kota Cilegon, Banten, sesaat sebelum berangkat menyalurkan bantuan, Senin (24/12/2018).

Pengiriman bantuan logistik menggunakan kapal, dianggap lebih efektif dan efisien, karena bisa memuat lebih banyak dan mampu menjangkau pulau kecil, seperti Pulau Sebesi dan Pulau Sangiang.

"(Penyaluran bantuan) melalui jalur laut untuk memberikan kemudahan dan efisiensi," jelasnya. 

Kapal KN Edam akan beroperasi hingga kondisi korban tsunami kembali normal, dan seluruh korban telah tertangani dengan baik.

"Juga membawa logistik yang sudah terkumpul di KSOP Banten. Semua kapal yang terkumpul di Banten ada enam unit, semua sudah beroperasi," kata Herwanto, Kepala KSOP Banten, Senin (24/12/2018).

KN Adem sekaligus memetakan lokasi bencana di pulau perairan Selat Sunda, seberapa parah kondisinya dan mengetahui bantuan apa yang diperlukan oleh para korban. 

"Sampai perintah pimpinan selesai, kita selesai. Sebelum ada perintah (selesai) kita jalan terus," ujarnya. 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: