Pemerintah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat Berperan dalam Pencapaian SDGs di Indonesia

Peristiwa
Astri Sofyanti
03 Okt 2018   10:24 WIB

Komentar
Pemerintah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat Berperan dalam Pencapaian SDGs di Indonesia

Seminar nasional pembangunan berkelanjutan di Indonesia (Foto : Astri Sofyanti/ trubus.id)

Trubus.id -- Departemen Agribisnis Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB) menggelar Seminar Nasional yang mengangkat tema 'Agribisnis untuk Tujuan Pembangunan Berkelanjutan'  di IPB Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Rabu (3/10).

Seminar nasional ini diisi sejumlah pakar dan beberapa lembaga, baik pemerintahan, perguruan tinggi, hingga masyarakat sebagai upaya mendukung program Sustainlable Development Goals (SDGs) khususnya di Indonesia.

Dalam seminar nasional ini sejumlah pihak sepakat, untuk mencapai SDGs di Indonesia, harus ada kesamaan visi dan misi antara akademisi, LSM dan sektor publik, swasta maupun masyarakat. Sebagaimana kita ketahui bersama, sejak beberapa tahun belakangan ini, Indonesia fokus mendukung dan melaksanakan pembangunan berkelanjutan di tanahair hingga 2030 di mana program SDGs ini berakhir.

Baca Lainnya: Revitalisasi Desa Bina Swadaya Mempengaruhi Pencapaian SDGs di Indonesia

Indonesia telah menyepakati komitmen serius global Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

SDGs terdiri atas 17 tujuan dan 169 target yang membidik berbagai isu pembangunan, dari kemiskinan hingga kerjasama internasional. Di Indonesia, implementasi tujuan dan target SDGs dikelompokkan ke dalam empat pilar, yaitu pilar pembangunan sosial, pilar pembangunan ekonomi, pilar pembangunan lingkungan hingga pilar pembangunan hukum.

Menurut Ketua Peneliti SDGs Universitas Jember, Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, MS, perguruan tinggi juga memiliki peran dalam upaya mendukung pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) di Indonesia.

"Kita turut serta dan perguruan tinggi harus berkiprah dalam mendukung SDGs khususnya di bidang pendampingan masyarakat di daerah-daerah," ungkapnya.

Baca Lainnya: Sutarjo, Sarjana Lulusan IPB yang Sukses Jadi Petani Buah Naga

Diharapkan kemitraan antar daerah dapat berjalan dan terorganisir dengan baik. Pemerintah daerah harus menjalankan program yang mendukung program SDGs, dengan cara membina masyarakat desa dalam mengelola program yang dampaknya berkelanjutan khususnya dari segi infrastruktur.

"Kami ingin desa bisa menjadi laboraturium untuk mewujudkan pilar-pilar SDGs," ujarnya lagi.

Lebih lanjut, Rudi mengatakan, desa-desa khususnya di Pulau Jawa sebagian besar berbasis pertanian, jadi bisa dilihat bahwa desa-desa ini bisa menjadi bagian penting untuk melihat pergerakan perekonomian di desa-desa tersebut.[KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: