Harga Telur Ayam Ikut Merosot, Ini yang Dilakukan Mendag 

Peristiwa
Astri Sofyanti
27 Sep 2018   18:15 WIB

Komentar
Harga Telur Ayam Ikut Merosot, Ini yang Dilakukan Mendag 

Telur Ayam (Foto : Astri Sofyanti/ trubus.id)

Trubus.id -- Kementerian Perdagangan RI (Kemendag) menaikkan patokan batas bawah dan batas atas harga telur ayam karena adanya penurunan harga komoditas tersebut. Hal ini tertuang dalam Permendag 58 Tahun 2018. Kemendag mematok harga batas bawah senilai Rp17.000 per kilogram (kg), saat ini harganya jadi Rp18.000 per kg.

Sedangkan harga batas atas yang awalnya dipatok Rp19.000 per kg, saat ini menjadi Rp20.00 per kg. Kebijakan ini mulai efektif berlaku 1 Oktober 2018 mendatang.

Baca Lainnya: Di Jakarta Harga Telur Ayam Juga Melambung Tinggi

"Berbagai masukan menetapkan harga batas bawah telur farm gate Rp18 ribu semula Rp17 ribu. Batas atas menjadi Rp20 ribu. Kita minta kepada Aprindo, dan kami akan ubah permendagnya agar aprindo bisa serap," ujar Enggar di Kementerian Perdagangan, Jakarta Pusat, Kamis (27/9).

Lebih lanjut Enggar menjelaskan, anjloknya harga telur disebabkan oleh tingginya suplai. Namun, dicsaat yang sama biaya pokok produksi mereka naik. Kondisi ini terjadi akibat naiknya harga pakan yang salah satunya disebabkan oleh fluktuasi rupiah.

"Kondisi yang terjadi pengusaha ternak yang kecil, mandiri atau apapun, harga pakan naik, Sedangkan harga jual produksinya atau telurnya turun. Kalau tidak disikapi akan memberi persoalan kepada peternak telur dan ayam," ungkapnya.[KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Mentan Perkuat Regenerasi Petani Lewat Smartfarming

Peristiwa   14 Juni 2021 - 10:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: