Distribusi Kebutuhan Pokok Pengungsi Lombok Tidak Ada Masalah

Peristiwa
Diah Fauziah
10 Sep 2018   16:00 WIB

Komentar
Distribusi Kebutuhan Pokok Pengungsi Lombok Tidak Ada Masalah

Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Sosial, memberikan bantuan kepada pengungsi Lombok beberapa waktu lalu. (Foto : Dok. Kementerian Sosial)

Trubus.id -- Pascagempa Lombok, distribusi kebutuhan pokok bagi para pengungsi dan warga yang membutuhkan pascagempa di Nusa Tenggara Barat berjalan lancar.

"Tidak ada problem tentang distribusi. Saya telah bertatap langsung dengan warga di Lombok, termasuk mereka yang di daerah terpencil. Saya melihat, kebutuhan pokok tersedia," kata Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Sosial kepada wartawan di Gedung Nusantara II DPR RI, Jakarta, Senin (10/9).

Baca Lainnya : Agustus 2019, Target Pemerintah untuk Selesaikan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Gempa Lombok

Menurut Agus, kebutuhan pokok disediakan dengan baik oleh berbagai lembaga pemerintah. Apalagi, tidak sedikit bantuan dari sejumlah lembaga swadaya masyarakat dari seluruh pelosok Indonesia.

Terkait dengan rekonstruksi dan rehabilitasi rumah warga, Kementerian Sosial sedang menunggu verifikasi seluruhnya dari pemerintah daerah untuk mengklasifikasikan kerusakan sebagai berat, sedang, atau ringan. Setelah diverifikasi, pemerintah menyiapkan dana langsung untuk dikirim ke tabungan. Sehingga, penerima bantuan bisa membangun kembali rumahnya dengan struktur tahan gempa.

Baca Lainnya : Huntara Mulai Dibangun untuk Korban Gempa Lombok

"Kami telah menyiapkan 90 tenaga Layanan Dukungan Psikososial. Trauma merupakan salah satu permasalahan yang cukup besar di sana," ucap Agus.

Fokus utama Kementerian Sosial saat ini ialah melakukan rehabilitasi dan perlindungan sosial korban gempa Nusa Tenggara Barat sebagaimana tertuang dalam Inpres Nomor 5 Tahun 2018. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: