Sampai Kapan Gunung Anak Krakatau Alami Tremor Terus Menerus?

Peristiwa
Astri Sofyanti
10 Sep 2018   12:15 WIB

Komentar
Sampai Kapan Gunung Anak Krakatau Alami Tremor Terus Menerus?

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Gunung Anak Krakatau memiliki ketinggian 305 meter dari permukaan laut (mdpl) yang berada di Selat Sunda mengalami tremor secara terus menerus dalam beberapa hari belakangan ini.

Berdasarkan informasi dari petugas Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau, para nelayan dan wisatawan dilarang untuk mendekat ke Gunung Anak Krakatau dalam radius dua kilometer.

Baca Lainnya: Anak Krakatau Erupsi, Masyarakat Dilarang Mendekat dalam Radius 1 Km

“Ya benar, dalam tiga hari terakhir, Gunung Anak Krakatau alami tremor terus menerus. Berdasarkan pemantauan visual atas, gunung tampak diselimuti kabut, tapi tidak ada aktivitas erupsi sejauh ini,” ungkap Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau Andi Suardi di Desa Hargopancuran, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, Senin (10/9).

Lebih lanjut ia mengungkapkan, bahwa aktivitas Gunung Anak Krakatau sulit diprediksi, tapi ia menyebut, saat ini status Gunung Anak Krakatau masih berada di level II atau waspada.

Baca Lainnya: Semua Letusan Gunung Berapi, Freatik atau Magmatif, Ada Risikonya

Sebagaimana kita ketahui, sebelumnya, Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, Gunung Anak Krakatau sejak 6 hingga 7 September 2018 lalu mengalami gempa tremor menerus, teramati sinar api dan terdengar suara dentuman.

Sebagai informasi, gempa tremor adalah gempa yang bisa mengindikasikan aktivitas vulkanik dan menjadi paramater penting sebelum terjadi letusan freatik. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Mentan Perkuat Regenerasi Petani Lewat Smartfarming

Peristiwa   14 Juni 2021 - 10:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan: