Spekulan Sembako Muncul Pascagempa Lombok, Kapolri: Jangan Ragu, Tangkap!

Peristiwa
Ihsan Maulana
14 Agu 2018   23:00 WIB

Komentar
Spekulan Sembako Muncul Pascagempa Lombok, Kapolri: Jangan Ragu, Tangkap!

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (Foto : Trubus.id / Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Kapolri Jenderal Tito Karnavian, telah memerintahkan Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) Brigjen Achmat Juri dan jajaranya, untuk menyelidiki aksi spekulan harga sembako. Ia mengatakan, para spekulan ini menjual barang kebutuhan dengan harga selangit pascagempa Lombok.

"Terkait dengan itu, saya sudah perintahkan kapolda, kalau ada spekulan yang beli, tangkap, jangan ragu-ragu. Itu yang Satgas Pangan lakukan selama ini. Itu Undang-Undang Pangannya ada," tegas Tito di Lapangan GOR Pemenang, Lombok Utara, NTB, Selasa (14/8).

Tito menginstruksikan hal itu setelah mendapat informasi, bahwa ada spekulan yang memborong barang pangan, dan menjualnya kembali ke masyarakat dengan harga tinggi.

Baca Lainnya : Jokowi Masih Akan Tinjau Lokasi Terdampak Gempa di Lombok Hari Ini

"Ini saya dapat informasi ada spekulan masuk. Ada barang masuk, dibeli mereka, dijual mahal. Hari ini harus sudah bergerak terutama sembako-sembako," lanjut Tito.

Ia kembali mengingatkan, dalam konteks kebutuhan pangan, Polri berperan membantu pengamanan Operasi Pasar, sehingga tidak terjadi kerusuhan dan tidak dibeli spekulan.

Baca Lainnya : Jumlah Korban Meninggal Dunia Gempa Lombok Tembus 436 Jiwa

Di sisi lain, Tito menyatakan saat ini stok makanan untuk di daerah terdampak gempa terus berkurang, karena suplai makanan yang ikut berkurang. Untuk itu, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan pihak Bulog dan Kementerian BUMN untuk menggelar Operasi Pasar di beberapa titik.

"Ada juga kekurangan tenda, makanan, harga pangan yang naik karena suplai kurang. Bapak Presiden sudah memerintahkan Bulog dan BUMN untuk lakukan Operasi Pasar. Karena dengan itu kami akan memotong mata rantai spekulan-spekulan," tutupnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: