NTB Akan Bangun RS Sementara untuk Bantu Korban Gempa Lombok

Peristiwa
Astri Sofyanti
14 Agu 2018   18:45 WIB

Komentar
NTB Akan Bangun RS Sementara untuk Bantu Korban Gempa Lombok

Rumah sakit sementara korban gempa Lombok. (Foto : Dok/  BNPB)

Trubus.id -- Agar pelayanan kesehatan bagi masyarakat Lombok, Nusa Tenggara Barat, (NTB) Kota Mataram yang terdampak gempa 7 SR, pemerintah daerah NTB akan segera membangun rumah sakit sementara.

Sebelumnya, usai rentetan gempa bumi melanda wilayah tersebut, sejumlah rumah sakit di Kota Mataram tak sepenuhnya berfungsi dengan baik untuk membantu para korban. Atas dasar itulah Rumah Sakit sementara ini akan dibangun.

Baca Lainnya : Anak-anak Korban Gempa Lombok Alami Trauma Mendalam

"Pembangunan rumah sakit sementara ini merupakan kebijakan dari pemerintah terhadap rumah sakit yang terdampak bencana alam, seperti halnya di Aceh," terang Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram, dr. Herman Mahaputra di Mataram, Selasa (14/8).

Pembangunan rumah sakit sementara ini rencananya akan dibangun di kawasan Jalan Lingkar Selatan di atas lahan sekitar dua hektare. 

Saat ini Pemerintah kota Mataram diminta untuk menyewa lahan sedangkan pembangunan fisik dan pengadaan alat kesehatan sepenuhnya menjadi tanggung jawab Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Baca Lainnya : Sejumlah Penyakit Mulai Mengancam Kesehatan Para Pengungsi Gempa Lombok

"Jadi kita di daerah tinggal terima jadi dan menempati, dan tidak ada dana sepeserpun yang akan kita keluarkan untuk pembangunan fisik," ungkapnya lagi.

Lebih lanjut dikatakan Herman, ke depannya rumah sakit sementara ini akan menjadi rumah sakit satelit. Hal ini mengingat rumah sakit tersebut dilengkapi dengan semua poliklinik dan pelayanan kesehatan standar sebuah rumah sakit sedangkan RSUD Mataram tetap menjadi rumah sakit induk bagi para korban gempa Lombok.

"Jika tidak ada halangan, rumah sakit sementara akan mulai dibangun minggu depan dalam waktu empat minggu atau satu bulan," lanjutnya. [RN]

 

 

 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: