Jokowi Masih Akan Tinjau Lokasi Terdampak Gempa di Lombok Hari Ini

Peristiwa
Astri Sofyanti
14 Agu 2018   11:00 WIB

Komentar
Jokowi Masih Akan Tinjau Lokasi Terdampak Gempa di Lombok Hari Ini

Jokowi Masih Akan Tinjau Lokasi Terdampak Gempa di Lombok Hari Ini (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak, Senin (13/8) untuk meninjau sejumlah lokasi terdampak bencana gempa bumi. Hari ini, Selasa (14/8), rencananya Jokowi akan meninjau lokasi gempa yang berada di Kabupaten Lombok Utara, NTB.

Jokowi yang didampingi Gubernur Lombok, Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) tiba-tiba turun dari kendaraannya saat melintas di Pasar Tanjung. Rombongan langsung menuju pasar yang rusak akibat gempa dan hampir tidak bisa digunakan lagi.

Baca Lainnya: BNPB Catat Total Kerugian Gempa lombok Capai Rp 5,4 T

Para pedagang tak lagi memanfaatkan bangunan pasar tetapi sepetak lahan di depan pasar atau pinggir jalan. Mereka tidak berani kembali ke kios-kios karena khawatir bangunan runtuh.

Awalnya aktivitas para pedagang berjalan biasa saja. Namun mereka langsung heboh begitu tahu yang menghampiri mereka adalah Jokowi dan TGB.  

Bahkan saat di Pasar Tanjung, Jokowi pun menuruti permintaan para warga untuk berfoto bersama sembari bertanya-tanya soal kondisi bangunan. Bangunan pasar sudah tidak layak huni. Meski belum roboh semua, bangunannya sudah tidak utuh lagi.

Baca Lainnya: Belum Ada Bantuan, Korban Gempa Lombok di Perbukitan Kurangi Jatah Makan

Melihat kondisi bangunan itu, Jokowi dan TGB tampak berbincang. Juga terlihat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimulyono.

Dalam rapat kabinet terbatas di tenda pengungsian, Jokowi memang menginstruksikan supaya bangunan pasar yang rusak segera diperbaiki agar aktivitas perekonomian warga kembali pulih. 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: