Sandiaga: Telur Murah di Gerai Oke Oce, Jangan Sampai Dijual Lagi

Peristiwa
Astri Sofyanti
20 Juli 2018   14:45 WIB

Komentar
Sandiaga: Telur Murah di Gerai Oke Oce, Jangan Sampai Dijual Lagi

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Tinggi harga komoditas telur ayam di pasaran cukup membuat resah warga. Untuk itu, pemerintah melalui Kementerian Pertanian, Kamis (19/7) kemarin menggelar operasi pasar telur murah di wilayah Jabodetabek.

Langkah ini sendiri kemudian diikuti Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Jumat (20/7), Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno juga menggelar operasi pasar telur murah usai meresmikan Gerai Tani di Kawasan Jakarta Selatan.

Baca Lainnya : Harga Telur di Peternak dan Pedagang Terlampau Jauh, Ini Jawaban Mentan

Gerai OK OCE yang baru saja diresmikan Sandiaga ini sendiri berada di Pusat Pengembangan Benih dan Proteksi Tanaman Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Perikanan (KPKP), di Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan. Selain telur, kebutuhan pokok lainnya juga dijual digerai tersebut diantaranya adalah beras, sayuran, susu, ikan, dan berbagai hasil pertanian serta perikanan.

Karena harga yang dijual di gerai tersebut lebih murah, Sandiaga mengimbau pihak pengelola gerai untuk memastikan tak ada pembeli yang menyalahgunakannya harga tersebut untuk menarik keuntungan pribadi. Melayani pembeli yang ingin menjual lagi dengan harga yang lebih tinggi contohnya.

"Telur hari ini kalau dilihat Rp28.000. Hari ini kita jual di bawah Rp19.500 per kilogram (kg). Karena harga-harga di sini murah dan jangan dijual-belikan. Jangan dibeli telur di sini Rp19.500 per kg lalu dijual Rp30.000 di daerah. Kasihan masyarakat," papar Sandi saat membuka gerai OKE OCE di Jakarta, Jumat (20/7).

Lebih lanjut ia menuturkan, gerai tersebut juga mengakomodasi para anggota OK OCE. Dengan keterlibatannya itu diharapkan gerai itu bisa menambah peluang usaha di Ibukota.

"Ini menjadi peluang untuk membuka usaha dan peluang membuka lapangan kerja. Tempatnya ini bagus banget. Ini keren banget. Ini lokasi pemasaran yang kita banggakan," papar Sandi.

Baca Lainnya : Heboh, Operasi Pasar Telur Ayam Kementan Langsung Diserbu

Selain itu, pihaknya juga telah menginstruksikan Wali Kota Jakarta Selatan untuk mencari lagi aset-aset Pemprov DKI yang dapat digunakan untuk membuka gerai serupa. Dengan begitu, bahan pangan murah yang disediakan Pemprov DKI bisa tersalurkan secara merata dan dinikmati masyarakat kurang mampu.

"Saya perintahkan kepada kepala dinas maupun Pak Wali Kota lihat aset-aset lain yang ada seperti ini, jadi bisa langsung dioptimalisasikan dan dikoordinasikan sehingga menjadi tempat untuk me-showcase produk-produk tani kita untuk membuka lapangan kerja seluas-luasnya," ujarnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Tiga Menteri Panen Perdana Padi di Gresik

Peristiwa   12 Mar 2021 - 18:55 WIB
Bagikan: