Kementan Gelar Operasi Pasar Murah di 50 Titik, Harga Telur Rp 19.500 per Kg

Peristiwa
Astri Sofyanti
19 Juli 2018   09:31 WIB

Komentar
Kementan Gelar Operasi Pasar Murah di 50 Titik, Harga Telur Rp 19.500 per Kg

Harga telur ayam (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kementerian Pertanian (Kementan), hari ini akan menggelar operasi pasar telur ayam ras besar-besaran di 50 titik di DKI Jakarta. Hal tersebut dilakukan Kementan dalam upaya stabilitas harga telur ayam yang tengah melonjak tajam.

Di Jabodetabek harga rata-rata telur ayam yang dijual pedagang sekitar Rp28.000 per kilogram (kg).

Operasi pasar telur ayam ras yang digelar Kementan dijual dengan harga yang sama di tingkat peternak.

Baca Lainnya: Harga Telur Ayam Capai Rp30.000 per Kg, Tanggapan Kementan?

"Kamis 19 Juli saya operasi pasar, besar-besaran, datang saja. Nanti ada undangannya," kata Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman di Jakarta, baru-baru ini.

Lebih lanjut ia menuturkan, salah satu penyebab tingginya harga telur adalah masalah rantai pasok, sehingga meroket ketika sampai di warung. Untuk itu, Mentan akan melepas mobil pengangkut telur ayam murah ditandai dengan bunyi sirine di Toko Tani Indonesia (TTI) Center, Pasar Minggu, Jakarta Selatan ke 50 titik yang tersebar.

Baca Lainnya: Satgas Pangan Ancam Tindak Tegas, Oknum yang Mainkan Harga Telur Ayam

Berdasarkan data Direktorat Pemasaran dan Pengolahan Hasil Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, harga terendah telur di kandang peternak Jawa Timur Rp19.500 per kg. Di Jawa Tengah Rp19.000 per kg. Sedangkan harga di Jabodetabek Rp22.000 per kg.

Di Jakarta operasi pasar telur ayam murah menurut rencana akan digelar di 50 titik pasar, kecamatan, kelurahan dan perumahan. Rencananya operasi pasar telur ayam ras dijual dengan harga Rp19.500 per kg. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Tiga Menteri Panen Perdana Padi di Gresik

Peristiwa   12 Mar 2021 - 18:55 WIB
Bagikan: