Dibanding Beli Eceran, Beras Sachet Lebih Hemat?

Peristiwa
Astri Sofyanti
28 Mei 2018   14:45 WIB

Komentar
Dibanding Beli Eceran, Beras Sachet Lebih Hemat?

Beras sachet yang akan dijual Bulog ke pasaran. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Direktur Utama Perum Bulog, Budi Waseso (Buwas) terus melakukan inovasi di perusahaan yang kini ia pimpin,. Yang terkini, Buwas berencana mengeluarkan beras renceng atau sachet ukuran 200 gram seharga Rp 2.500 untuk warga kurang mampu.

Buwas menyebut, beras sachet ini merupakan salah satu solusi Bulog agar seluruh masyarakat, khususnya dari kalangan bawah, bisa mengonsumsi nasi setiap hari karena harganya yang cukup terjangkau.

Baca Lainnya : Dirut Bulog yang Baru, Mau Jual Beras Renceng Seharga Rp 2 Ribu

Lalu bagi masyarakat yang biasa membeli beras per karungnya mana yang lebih murah beras karung atau beras sachet?

Sebagai informasi beras FS Tjipinang Melati Setra Ramos yang berukuran 5 kilogram (kg), harganya sekitar Rp 59.000. Sementara jika dibandingkan dengan membeli beras sachet sebanyak 5 kg atau sebanyak 25 sachet harganya menjadi Rp 62.500. Jadi bisa dikatakan akan lebih hemat jika masyarakat membeli beras karungan.

Sementara itu, jika dibandingkan dengan membeli beras eceran yang premium, maka beras sachet lebih hemat Rp 300. Sebab beras premium harganya sekitar Rp 12.800 per kg sedangkan beras sachet jika dibeli sebanyak 1 kg hanya sebesar Rp 12.500.

Sebelumnya, Buwas mengatakan jika beras sachet yang akan dijual Perum Bulog adalah beras jenis premium yang setara dengan tiga piring nasi.

Baca Lainnya : Buwas: Bulog Tak Akan Simpan Beras Lagi, Tapi….

"Beras sachet yang dijual merupakan beras kualitas premium. Jadi kalau punya uang Rp 10.000 ambil Rp 2.500 ini sudah bisa jadi tiga piring sudah kita cek," ucapnya beberapa waktu lalu.

Beras sachet Bulog sendiri nantinya akan dijual di koperasi BUMN, pasar tradisional, sampai ritel. [RN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Mentan Perkuat Regenerasi Petani Lewat Smartfarming

Peristiwa   14 Juni 2021 - 10:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: