Data Pangan Masih jadi Perdebatan, Ini Kata Menko Darmin

Peristiwa
Ihsan Maulana
24 Mei 2018   15:15 WIB

Komentar
Data Pangan Masih jadi Perdebatan, Ini Kata Menko Darmin

Darmin Nasution (Foto : Trubus.id / Ihsan Maulana)

Trubus.id -- Perbedaan data pangan yang di klaim oleh pemerintah masih menjadi polemik. Terlebih, data pangan ini sangat vital perannya dalam menjadi acuan untuk pengambilan keputusan mengimpor beras.

Terkait dengan permasalahan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Darmin Nasution memiliki pandangannya tersendiri.

"Kenapa tidak coba tanya ke mereka (Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan) dulu," jawab Darmin ketika ditemui awak media di Kantor Kemenko Perekonomian, Kamis (25/5).

Baca Lainnya : CIPS Nilai, Impor Beras 500 Ribu Ton Sudah Tepat

Darmin mengungkapkan, sebetulnya dalam koordinasi antar kementerian sudah tidak ada masalah. Tetapi pada perjalanannya, masalah beda data baru muncul ketika ada beda pendapat.

"Kalau koordinasi sih oke-oke saja mereka. Begitu di luar mulai berbeda pendapat," imbuh Darmin.

Ia menambahkan, permasalahan beda pendapat ini sebenarnya tidak terlepas dari luasnya sawah. Walau sudah dipantau dengan satelit pun, masih terdapat unsur perkiraan di dalam penghitungannya.

Baca Lainnya : Bulog Hanya Sanggup Impor Beras 281 Ribu Ton

"Sebetulnya sawah itu luas kan ya, jadi biar pakai satelit juga itu selalu ada perbedaan. Tetap ada perkiraan di dalamnya. Satelit itu cuma gambar tetap harus diterjemahkan menjadi ini sawah apa alang-alang. Itu orang bisa berbeda," pungkasnya.

Perbedaan pendapat juga dipengaruhi oleh dengan pergerakan harga di pasaran. Hal ini juga yang dirasa Darmin menambah kerumitan perbedaan data.

"Perbedaan-perbedaan itu ditambah lagi harga di pasar juga bisa diikuti. Kalau anda bilang beras cukup tapi harga naik, kan jadi repot itu," tandasnya. [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Mentan Perkuat Regenerasi Petani Lewat Smartfarming

Peristiwa   14 Juni 2021 - 10:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: