Impor Beras Keputusan Pemerintah, Menko Darmin Minta Bulog Ikuti Ketentuan

Peristiwa
Astri Sofyanti
24 Mei 2018   17:15 WIB

Komentar
Impor Beras Keputusan Pemerintah, Menko Darmin Minta Bulog Ikuti Ketentuan

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Terkait persoalan impor beras tahap II yang dilakukan pemerintah akan dialokasikan sebagai cadangan beras pemerintah (CBP). Hal itu dikemukanan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang mengatakan keputusan impor beras mutlak keputusan pemerintah. Untuk itu ia meminta Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) harus mengikuti ketentuan tersebut.

“Kebijakan impor itu wewenang pemerintah,” kata Darmin di Kantornya, Jakarta Pusat, Kamis (24/5).

Baca Lainnya : Kemendag Sudah Keluarkan Izin, Bulog Belum Mau Impor Beras, Kenapa?

Untuk itu Darmin menegaskan, jika pemerintah memutuskan untuk melakukan impor beras artinya Bulog harus melakukan impor. "Kalau pemerintah memutuskan, iya kita harus ikuti ketentuan (impor)," tegasnya.

Sebelumnya Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menerbitkan izin impor beras tahap II sebanyak 500 ribu ton. Izin impor tersebut berlaku sampai Juli 2018 mendatang.

Baca Lainnya : Mendag: Impor Beras Tambahan, untuk Menjaga Stabilitas Harga

“Jadi total izin impor yang diterbitkan Kemendag sebesar 1 juta ton,” papar Darmin.

Belum lama ini dalam rapat Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Direktur Utama Perum Bulog Budi Waseso (Buwas) menyatakan sikapnya yang tidak setuju dengan kebijakan impor, hal ini karena menurut Buwas pasokan dalam negeri masih mampu mencukup kebutuhan masyarakat.

"Hari ini kita masih menolak impor tapi selama kesediaan di dalam negeri terpenuhi, masih cukup hal itu berdasarkan data," ucapnya di ruang rapat Komisi IV DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (23/5). [NN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Mentan Perkuat Regenerasi Petani Lewat Smartfarming

Peristiwa   14 Juni 2021 - 10:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: