CIPS Nilai, Impor Beras 500 Ribu Ton Sudah Tepat

Peristiwa
Astri Sofyanti
18 Mei 2018   14:45 WIB

Komentar
CIPS Nilai, Impor Beras 500 Ribu Ton Sudah Tepat

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Kebijakan pemerintah kembali mengeluarkan izin impor beras sebanyak 500 ribu ton dinilai sudah tepat. Hal itu disampaikan oleh Center for Indonesian Policy Studies (CIPS).

Kepala Penelitian CIPS, Hizkia Respatiadi mengungkapkan, impor beras yang dilakukan pemerintah adalah bentuk antisipasi kelonjakan harga akibat permintaan yang tinggi selama bulan suci Ramadan sampai Idul Fitri mendatang.

Baca Lainnya : Mendag Jamin Impor Beras Tak Akan Rugikan Petani

Meski begitu ia menilai, pemerintah harusnya jangan membatasi kewenangan impor beras hanya kepada Badan Usaha Logistik (Bulog) saja. Seharusnya pemerintah juga memberikan kesempatan kepada perusahaan swasta untuk mengimpor beras juga.

“Kami berharap swasta juga diberi kesempatan untuk melakukan impor beras," kata Hizkia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (18/5).

Ia menilai, seharusnya perusahaan swasta juga harus melewati mekanisme pemilihan yang transparan sebelum diberikan izin impor. Artinya rekam jejak perusahaan swasta menjadi sangat penting dilakukan.

Baca Lainnya : Ombdusman: Kembalikan Tugas Impor Beras ke Perum Bulog

Selain itu menurutnya, pemerintah juga harus membenahi manajemen stok dan neraca beras di tingkat nasional. Hal ini dilakukan guna mengetahui keakuratan data pangan yang sampai saat ini masih menjadi masalah yang dihadapi oleh pemerintah Indonesia.

“Saya melihat di sini masih ada gab antara data produksi dan konsumsi, untuk itu pemerintah seharusnya lebih hati-hati dalam mengintervensi kebijakan karena akan memengaruhi harga beras di pasar," tutupnya. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Mentan Perkuat Regenerasi Petani Lewat Smartfarming

Peristiwa   14 Juni 2021 - 10:12 WIB
Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: