5 Cara Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Selama Berpuasa

Life
Astri Sofyanti
06 Mei 2020   14:00 WIB

Komentar
5 Cara Mencukupi Kebutuhan Nutrisi Selama Berpuasa

Mengonsumsi sayuran segar baik untuk mengembalikan nutrisi yang hilang saat berpuasa (Foto : pexels.com)

Trubus.id -- Menahan lapar dan haus selama berpuasa memunculkan banyak perubahan di dalam tubuh, termasuk nutrisi. Selama berpuasa tubuhmu tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman selama belasan jam. Karena itu, penting untuk mengonsumsi makanan bergizi saat sahur dan berbuka puasa. Menjalankan puasa di saat pandemi Covid-19 juga memerlukan siasat khusus lho.

Asupan nutrisi vitamin dan mineral yang cukup ketika sahur dan berbuka, dapat membuat kamu menjalani ibadah puasa dengan optimal. Hal itu juga tidak membuat tubuhmu kekurangan nutrisi penting selama berpuasa.

Seseorang yang kekurangan nutrisi saat berpuasa bisanya ditandai dengan sejumlah gejala seperti, ketidakseimbangan air-elektrolit atau pusing, sulit berkonsentrasi, hingga kehilangan selera makan.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut 5 makanan yang bisa menggantikan kekurangan nutrisimu selama berpuasa, antara lain:

Konsumsi sayuran segar

Kalau kamu suka salad, jangan lupa selalu makan salad atau racikan sayuran segar dengan bumbu minimalis saat berbuka. Sayuran akan memberi asupan air, vitamin dan mineral yang mengganti energi yang hilang.

Selain sayuran, buah-buahan segar baik dikonsumsi. Jika bisa tanpa tambahan gula, saus atau pemanis lainnya. Frutosa dalam buah akan memberikan asupan energi segera.

Karenanya selalu sediakan sayuran dan buah-buahan segar dalam menu berbuka puasa. Semakin segar, tanpa diolah atau dipanaskan, nutrisinya semakin awet dan penuh.

Perbanyak konsumsi buah-buahan kaya air

Saat berpuasa, kamu bisa kekurangan cairan karena tidak minum selama belasan jam. Oleh sebab itu disarankan untuk tetap cukup minum air putih di waktu berbuka dan sahur.

Selain itu, kamu juga bisa mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti melon, semangka, stroberi, dan jeruk. Buah-buahan itu tak hanya kaya akan kadar air tetapi juga mengandung vitamin yang bagus untuk kesehatan tubuh kamu secara keseluruhan.

Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D

Bekerja dari rumah dan kurang beraktivitas di luar dapat membuat kamu kekurangan vitamin D yang banyak didapatkan dari sinar matahari. Namun, vitamin D juga bisa didapatkan dari sayur-sayuran berdaun gelap, jamur, tiram, kuning telur, ikan salmon, susu, keju, udang, dan tahu.

Konsumsi makanan yang mengandung probiotik

Mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik sangat dianjurkan dan baik untuk sistem pencernaan kamu saat ini. Apalagi jika kamu yang kerap mengalami sembelit.

Probiotik dapat membantu menjaga keseimbangan dengan mencegah patogen berbahaya dan membiarkan bakteri baik berkembang biak. kamu bisa mendapatkan probiotik dari kimchi, yogurt, acar, tempe, dan sup miso.

Konsumsi makanan beku dan kalengan

Rekomendasi terakhir, kamu dianjurkan untuk mengonsumsi makanan beku dan. Bahan makanan berkualitas terbaik yang biasanya dipilih untuk dikemas kaleng atau dibekukan. Jangan ragu akan nilai nutrisinya ya.

Misalnya, tomat kalengan justru memiliki lebih kaya lycopene dan antioksidan dibandingkan tomat segar.

Itulah lima cara untuk mencukupi kebutuhan nutrisi kamu.

Selama berpuasa.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Life   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: