Agar Tetap Fokus Selama Puasa, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur

Life
Hernawan Nugroho
03 Mei 2020   06:15 WIB

Komentar
Agar Tetap Fokus Selama Puasa, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Sahur

Alpukat juga bisa meningkatkan aliran darah pada organ tubuh, termasuk otak kita (Foto : gettyimages)

Trubus.id -- Pernahkan Trubus Mania mengalami tidak fokus di sekolah ketika puasa karena merasa lapar, mengantuk, atau tidak berenergi? Agar tetap fokus dan berenergi saat puasa, yuk, konsumsi lima jenis makanan ini saat sahur!

1. Telur

Telur adalah salah satu jenis makanan yang mudah diolah menjadi makanan yang lezat dan banyak tersedia di manapun. Selain lezat, telur juga mengandung banyak nutrisi yang penting bagi tubuh.

Nutrisi itu termasuk asam lemak omega-3, kolin, dan beberapa nutrisi lainnya. Nah, fungsi dari berbagai nutrisi yang ada di telur bisa menjaga selaput sel otak kita tetap sehat serta meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Baca Lainnya : Ini Manfaat Konsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa

Karena bisa menutrisi otak, maka mengonsumsi telur bisa meningkatkan daya ingat kita. Selain meningkatkan daya ingat, mengonsumsi telur juga bisa memengaruhi suasana hati menjadi lebih baik.

Kalau otak kita ternutrisi dengan baik, maka kita bisa menjadi lebih fokus saat belajar di sekolah dan bisa menerima pelajaran dengan baik, teman-teman. Telur juga bisa menjaga kadar energi dalam tubuh sehingga selain bisa menjaga kita tetap fokus, mengonsumsi telur saat sahur juga akan membuat kita tidak lemas selama seharian.

2. Bayam

Popeye digambarkan menjadi kuat setelah makan sekaleng bayam karena bayam mengandung vitamin A dan vitamin K yang membantu menjaga tulang tetap kuat dan membantu melawan peradangan.

Selain bisa membuat tubuh kuat, bayam juga mengandung lutein, folat, dan beta-karoten yang membantu menjaga sel-sel pada otak tetap berfungsi dengan baik. Berbagai kandungan nutrisi inilah yang akan membuat kita tetap fokus selama seharian meskipun sedang berpuasa. Konsumsi bayam secara rutin juga membantu menurunkan risiko terkena penyakit demensia, penyakit yang menyerang memori dan cara berpikir seseorang.

3. Ikan Salmon

Kita dianjurkan untuk rutin mengonsumi ikan karena ikan punya banyak nutrisi yang baik untuk pertumbuhan, khususnya pada anak-anak.

Salah satu jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon yang menyediakan asam lemak omega 3 paling tinggi di antara jenis ikan lainnya. Asam lemak omega 3 ini diperlukan oleh tubuh untuk mencegah peradangan, menjaga kesehatan otak, dan meningkatkan daya ingat.

4. Brokoli

Banyak anak-anak yang tidak suka makan brokoli karena rasanya yang hambar atau tawar, padahal brokoli punya banyak nutrisi yang baik bagi tubuh kita. Brokoli kaya akan kolin dan vitamin K yang membentuk sphingolipids, yaitu lemak padat yang punya peran penting untuk otak.

Baca Lainnya : Ramadan di Tengah Pandemi Covid-19: Apakah Puasa Melemahkan Imunitas?

Lemak padat ini memberikan efek antiradang serta antioksidan yang bisa melindungi otak dari kerusakan. Itulah sebabnya brokoli sangat memengaruhi fungsi otak kita, termasuk meningkatkan konsentrasi. Brokoli juga memiliki kandungan vitamin C yang bisa membantu tubuh untuk menghasilkan energi tambahan. Akibatnya, kita tidak akan merasa lemas ketika berpuasa.

5. Alpukat

Alpukat merupakan buah dengan protein tinggi dan mempunyai kadar gula paling rendah dibandingkan dengan buah lainnya. Berbagai nutrisi ada di dalam alpukat, seperti asam lemak esensial, vitamin B, vitamin C, vitamin K, dan folat yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

Alpukat juga bisa meningkatkan aliran darah pada organ tubuh, termasuk otak kita. Inilah sebabnya alpukat bisa membantu meningkatkan kemampuan otak untuk konsentrasi dan tetap fokus selama berpuasa.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Life   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: