Makanan yang Tidak Baik Dikonsumsi saat Buka Puasa, Hindari Selama Masa Puasa

Life
Hernawan Nugroho
02 Mei 2020   18:00 WIB

Komentar
Makanan yang Tidak Baik Dikonsumsi saat Buka Puasa, Hindari Selama Masa Puasa

Nangka termasuk harus dihindari karena memicu terbentuknya gas dalam jumlah yang tinggi dalam lambung kita, sehingga perut jadi terasa kembung (Foto : gettyimages)

Trubus.id -- Berbagai makanan banyak tersaji saat buka puasa, tapi sayangnya ada makanan yang tidak baik dikonsumsi saat buka puasa. Makanan yang tidak baik itu tentunya bisa menimbulkan risiko untuk tubuh kita.

Makanan yang tidak baik dikonsumsi saat buka puasa ini mungkin saja sering tersaji di rumah. Mulai sekarang, hindari konsumsi beberapa jenis makanan ini saat buka puasa.

1. Gorengan

Gorengan menjadi salah satu jenis makanan yang banyak dipilih untuk dinikmati saat berbuka puasa. Padahal gorengan adalah makanan yang tidak baik dikonsumsi saat buka puasa.

Para ahli menyebutkan, gorengan sebaiknya tidak dikonsumsi pada menu makanan kita sehari-hari, termasuk saat berbuka puasa. Selain itu, gorengan juga dimasak dengan banyak minyak, yang membuat tubuh mengonsumsi lebih banyak lemak dari jumlah harian yang dibutuhkan. Ada berbagai risiko yang bisa didapatkan oleh tubuh saat kita mengonsumsi minyak berlebih.

Baca Lainnya : Diklaim Bisa Cegah Penularan COVID-19, Amankah Mencuci Buah dan Sayuran dengan Sabun?

Seperti rusaknya pembuluh darah akibat lemak trans yang ada pada minyak di gorengan. Selain itu, lemak trans juga buruk untuk seseorang yang memiliki penyakit kolesterol. Mengonsumsi gorengan berlebih saat berbuka puasa juga bisa meningkatkan faktor risiko keganasan maupun faktor kanker.

2. Makanan Tinggi Gula

Teh manis, es buah, atau makanan manis lainnya juga sering dihidangkan sebagai makanan untuk berbuka puasa. Makanan tinggi gula juga merupakan makanan yang tidak baik dikonsumsi saat buka puasa. Makanan tinggi gula mengandung gula tambahan yang tidak baik untuk tubuh.

Gula tambahan juga bisa menyebabkan gula darah dalam tubuh melonjak dengan drastis dan cepat. Kalau kita tetap ingin mengonsumsi makanan manis, maka sebaiknya konsumsi buah-buahan yang punya rasa manis alami. Buah yang bisa kita pilih misalnya seperti kurma, pisang, atau buah yang juga tinggi kadar air, seperti semangka atau anggur.

3. Buah yang Mengandung Gas

Meski buah-buahan baik dikonsumsi saat buka puasa, ada beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari ketika berbuka puasa. Buah durian dan buah nangka menjadi makanan yang tidak baik dikonsumsi saat buka puasa. Durian sebaiknya dihindari saat buka puasa karena durian yang sudah matang akan mengalami fermentasi dari protein dan serat.

Baca Lainnya : Studi Baru Menegaskan, Konsumsi Buah Selama Kehamilan Tingkatkan Perkembangan Otak Bayi

Akibatnya, akan terdapat gas dalam jumlah yang tinggi dalam lambung kita, sehingga perut jadi terasa kembung. Hal ini juga sama seperti nangka, yang bisa menyebabkan pembentukan gas di perut dalam jumlah yang berlebih. Nah, dibandingkan mengonsumsi makanan yang tidak baik saat buka puasa, sebaiknya konsumsi lima jenis makanan ini saat buka puasa,

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Life   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: