Ini Manfaat Konsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa

Life
Astri Sofyanti
30 April 2020   15:00 WIB

Komentar
Ini Manfaat Konsumsi Kurma Saat Berbuka Puasa

Kurma (Foto : Freepik.com)

Trubus.id -- Mengonsumsi makanan yang manis-manis memang dianjurkan sebagai menu berbuaka puasa, sehingga selalu menjadi primadona, salah satunya kurma. Selain merupakan santapan yang disunahkan menjadi menu berbuka puasa, kurma juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kurma juga mengandung nutrisi yang padat seperti kalium, vitamin B6, niasin, serat, dan zat besi. Kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama saat dikonsumsi untuk berbuka puasa.

Berbuka puasa dengan kurma disebut di banyak hadis. Misalnya, dalam hadis yang diriwayatkan dari Anas bin Malik berikut: "Rasulullah SAW berbuka dengan kurma basah (ruthab) sebelum menunaikan salat. Jika tidak ada, beliau berbuka dengan kurma kering (tamr). Jika kurma basah dan kering tidak ada, nabi berbuka dengan seteguk air," (H.R. Abu Dawud).

Selepas seharian berpuasa, tubuh memerlukan suplai energi glukosa alami untuk sumber energi, serta beragam mineral seperti kalium, tembaga, antioksidan. Kurma juga bisa menjadi sumber serat pangan yang dibutuhkan tubuh.

Berikut ini sejumlah manfaat mengonsumsi kurma sebagai santapan saat berbuka puasa yang dilansir dari berbagai sumber:

Menurunkan rasa lapar

Mengonsumsi kurma ketika berbuka puasa bisa menurunkan rasa lapar dengan cepat. Sehingga kamu tidak akan terburu-buru untuk mengonsumsi makanan lainnya yang tersedia disaat berbuka puasa yang akhirnya bisa memicu gangguan pencernaan.

Mempersiapkan perut

Mengonsumsi kurma ketika berbuka puasa dianjurkan untuk mempersiapkan perut kamu menerima makanan lain setelah sistem pencernaan tidak aktif sepanjang hari saat berpuasa. Selain itu, agar perutmu tidak kaget ketika mengonsumsi makanan berat lainnya.

Makanan Sarat Nutrisi

Kurma adalah buah sarat nutrisi. Buah kurma kering misalnya, kalori yang terkandung lebih tinggi ketimbang kurma yang basah. Kalori pada kurma yang dikeringkan mirip dengan kandungan nutrisi pada kismis dan buah ara. Sebagian besar kalori yang dikandung kurma berupa karbohidrat. Sisanya adalah protein, vitamin, mineral, dan serat selulosa, lignin, dan pektin.

Menghindari sembelit selama puasa

Kurma mengandung serat yang dapat mencegah seseorang mengalami sembelit akibat perubahan waktu makan dan rendahnya asupan serat selama di bulan puasa.

Menguatkan Fungsi Otak

Mengonsumsi kurma ternyata juga bisa menguatkan fungsi otak. Hal ini dibuktikan oleh studi di Neural Regeneration Research, yang menyimpulkan bahwa kurma bisa mengurangi aktivitas amiloid beta protein yang dapat menyebabkan plak pada otak.

Plak pada otak berdampak negatif pada memori dan berpotensi mengganggu komunikasi antarsel di otak dan menjadi pangkal penyebab Alzheimer. Oleh karena itu, konsumsi kurma dalam jangka waktu panjang bisa mencegah penyakit Alzheimer.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Life   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: