Covid-19 dan Puasa: Kiat Nutrisi untuk Sahur Sehat Selama Bulan Ramadhan

Life
Syahroni
29 April 2020   21:00 WIB

Komentar
Covid-19 dan Puasa: Kiat Nutrisi untuk Sahur Sehat Selama Bulan Ramadhan

Ilustrasi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Saat umat Muslim di seluruh dunia mulai menandai Ramadhan dengan jutaan orang mulai berpuasa, ada beberapa kebiasaan makan utama yang perlu dipertimbangkan.

Puasa yang panjang menyebabkan perubahan gaya hidup masyarakat dan sering mengubah asupan gizi. Untuk memiliki Ramadhan yang sehat dan memuaskan, ada beberapa kebiasaan diet yang harus Anda perhatikan.

Salah satu waktu makan paling penting di bulan Ramadhan adalah sahur. Makanan yang dipilih untuk sahur sangat penting karena harus membuat kenyang dan terhidrasi sepanjang hari. Meskipun Anda mungkin tidak merasa lapar, hanya minum air putih untuk sahur meningkatkan ambang batas normal sekitar 16 jam hingga rata-rata 20 jam dan menyebabkan kadar gula darah turun lebih cepat, yang pada gilirannya menyebabkan perasaan lebih lelah sepanjang hari. 

Sebaliknya, jika sahur terlalu berat, aktivitas metabolisme tubuh Anda menurun, meningkatkan kemungkinan kenaikan berat badan. Untuk menjaga keseimbangan yang sehat, sahur moderat adalah suatu keharusan setiap hari sebelum memulai puasa.

Jadi, apa yang harus kita makan? Berikut adalah beberapa tips dari Konsultan Nutrisi Herbalife, Ahli Gizi Berrin YiÄŸit dilansir dari Dailysabah.com.

Jangan lupa minum air putih

Anda bisa menganggap sahur sebagai sarapan pagi yang diperpanjang. Dalam waktu makan ini, Anda harus memilih makanan yang ringan tetapi akan membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama. Ahli gizi menyarankan minum setidaknya dua gelas air selama sahur agar tetap terhidrasi. Tetapi, lebih penting untuk mengonsumsi 2 liter air antara iftar dan sahur dan minum air secara perlahan untuk memastikan bahwa kita mendapatkan jumlah hidrasi yang tepat yang kita butuhkan untuk hari itu.

Hindari hidangan utama

Anda harus memilih untuk sarapan seimbang daripada makan hidangan utama selama sahur. Jika Anda mengonsumsi hidangan daging, nasi, dan pasta agar kenyang, Anda akan lapar dan haus sepanjang hari. Jika Anda merasa tidak akan bisa bangun untuk sahur, Anda dapat memiliki 1 cangkir kefir, dua kurma kering dan tiga kenari utuh, yang merupakan sumber protein dan ramah usus, sebelum tidur.

Dill, peterseli, dan mint untuk menyegarkan diri

Hijauan seperti dill, peterseli dan peppermint dapat dikonsumsi secara melimpah di saat sahur, karena keduanya menyegarkan nafas dan memurnikan tubuh. Anda bisa menambahkan sayuran hijau ini ke salad, yogurt, atau kefir Anda sebagai cincang halus. Tumbuhan beraroma ini juga tinggi antioksidan dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh saat memerangi radikal bebas penyebab penyakit.

Makan makanan mengandung protein

Telur, yang merupakan sumber protein terbaik setelah ASI, membantu kita tetap kenyang untuk waktu yang lama. Anda bisa merebus telur atau menggorengnya dengan sedikit minyak. Anda juga dapat mengonsumsi keju, 1 cangkir yogurt, 1 cangkir kefir, beberapa ayran dengan banyak mint atau 1 cangkir susu bebas laktosa. Produk-produk itu akan memberi Anda cukup protein untuk merasa kenyang di hari berikutnya.

Jangan lupakan sayuran

Purslane, arugula, mentimun, selada, kol, keriting ungu, wortel, peterseli, dan semua sayuran lainnya adalah beberapa makanan yang melembabkan tubuh. Anda bisa membuat salad dengan sayuran untuk sahur. Jamur adalah salah satu alternatif yang membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama. Anda bisa menambahkannya ke omelet atau masakan sayur.

Kacang-kacangan, teh herbal, dan sup

Anda dapat mengonsumsi satu atau dua potong roti cokelat gandum, yogurt, biji rami, 2-3 sendok makan gandum dan satu genggam kenari, almond, atau hazelnut. Memiliki beberapa teh herbal dengan irisan lemon atau teh hitam juga baik untuk tubuh Anda. Mereka yang tidak ingin sarapan dapat membuat sup dengan lentil, buncis, yogurt, gandum, ayam dengan sayuran atau quinoa.
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Life   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: