Begini Cara yang Tepat untuk Berolahraga Saat Menjalani Puasa Ramadhan

Life
Syahroni
30 April 2020   08:00 WIB

Komentar
Begini Cara yang Tepat untuk Berolahraga Saat Menjalani Puasa Ramadhan

Devinder Bains, pelatih pribadi dan pelatih nutrisi di Fit Squad DXB, membagikan kiatnya untuk berolahraga selama bulan Ramadhan. (Foto : File/Shutterstock)

Trubus.id -- Ingin melanjutkan latihan saat Anda sedang berpuasa tetapi khawatir bagaimana cara membuatnya bekerja? Dilansir dari Arabnews, Devinder Bains, pelatih pribadi dan ahli nutrisi di Fit Squad DXB, membagikan kiatnya.

Kapan berolahraga

Waktu latihan Anda sama pentingnya dengan latihan apa yang Anda lakukan. Pilih waktu ketika Anda mendapat bahan bakar tetapi masih memiliki kesempatan untuk menyesuaikan diri dalam makanan pasca-latihan. Pilihan terbaik adalah setelah berbuka puasa tetapi sebelum makan sahur utama Anda dan sesaat sebelum sahur jika Anda bisa bangun pagi-pagi. Jika Anda terbiasa berlatih dengan perut kosong maka tepat sebelum berbuka puasa Anda juga akan berhasil tetapi kurangnya hidrasi bisa menjadi masalah.

Apa yang harus dimakan 

Sebelum dan sesudah pelatihan, Anda ingin menambah simpanan energi (glikogen) Anda yang habis dengan mengonsumsi beberapa karbohidrat. Pilih pilihan sehat seperti sayuran dan alternatif gandum untuk pasta dan nasi, juga tambahkan protein (untuk perbaikan otot) melalui daging tanpa lemak, kacang, lentil atau protein shake. Dan jangan lupa untuk minum sebelum, selama dan setelah pelatihan.

Latihan ketahanan

Selain menggunakan karbohidrat yang disimpan tubuh untuk energi selama puasa, ada kemungkinan tubuh Anda juga akan beralih ke penyimpanan protein; ini dapat menyebabkan hilangnya massa otot. Latihan resistensi membantu menjaga massa otot, jadi pilihlah latihan beban tubuh seperti squat, lunges dan push-up atau tambahkan bobot untuk deadlift, pengencangan bahu, pengencangan dada, dan baris. Lihatlah latihan-latihan Arab, kaki, dan perut di rumah untuk ide-ide.

Latihan kardio

Pertahankan kardio intensitas rendah selama puasa karena intensitas tinggi akan memakan simpanan glikogen dan memaksa tubuh untuk menggunakan protein untuk energi. Jika Anda ingin melakukan cardio di siang hari, berjalan-jalan sesaat sebelum buka puasa adalah pilihan yang baik untuk membakar kalori dengan aman.

Pemeliharaan dan pemulihan

Ramadhan bukan waktu untuk mencoba mendapatkan otot - puasa membuat ini hampir mustahil. Jadi pikirkan tentang mempertahankan kebugaran sebagai gantinya dengan latihan resistensi yang teratur dan efektif atau gunakan seminggu atau lebih untuk berpikir tentang pemulihan. Setiap rezim latihan membutuhkan istirahat di dalamnya - ini bisa menjadi waktu untuk mengambil langkah mundur selama satu atau dua minggu sehingga Anda bisa mulai kuat setelah Ramadhan. [RN]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Life   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: