Trik Tetap Sehat Walau Minum Kopi Saat Ramadan

Life
Astri Sofyanti
10 Mei 2019   20:00 WIB

Komentar
Trik Tetap Sehat Walau Minum Kopi Saat Ramadan

Ilustrasi minum kopi. (Foto : Istimewa)

Trubus.id --  Bisa dipastikan, pencinta kopi kesulitan menahan diri karena tidak bisa menikmati kopi kesukaannya setiap saat ketika menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

Sebenarnya, minum kopi ketika berpuasa tidak dilarang. Tapi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan bagi kalian pencinta kopi agar tubuh tetap sehat selama menjalankan puasa.

"Minum kopi saat buka puasa bisa memicu peningkatan asam lambung. Dan, apabila minum kopi di waktu sahur, bisa membuat seseorang lebih cepat haus karena kopi memiliki sifat diuretik," kata dr. Rita Ramayulis, ahli nutrisi dari PERSAGI.

Baca Lainnya : 3 Cara Sederhana Buat Kopi Pagimu Menjadi Lebih Sehat, Yuk Coba

Meski begitu, pencinta kopi tetap boleh menikmati minuman kegemarannya saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

"Kalau ingin tetap minum kopi, konsumsilah dengan jarak satu hingga dua jam setelah berbuka puasa," kata Rita, dikutip dari Antaranews.

Pada saat itu, lambung sudah lebih siap. Sehingga, ketika seseorang mengonsumsi kopi, tidak akan bereaksi terhadap peningkatan asam lambung. Selain itu, hindari minum kopi usai makan malam karena bisa mengganggu jam tidur.

Baca Lainnya : Kopi Ditambah Minyak Kelapa, Lebih Sehat untuk Tubuh Kita

Terkait jumlah asupan kopi, Rita menyarankan satu sampai dua cangkir dengan kadar kafein 50 mg hingga 200 mg. Kadar tersebut tidak akan berdampak negatif bagi tubuh.

“Mungkin, ini akan lebih sulit ketika berpuasa karena tak ada waktu untuk menambah satu cangkir lagi usai berbuka. Oleh karena itu, satu-satunya agar tetap minum kopi di bulan Ramadan dengan satu cangkir dalam kurun satu hingga dua jam setelah berbuka," pungkasnya. [DF]

 

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Life   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: