Taman Nasional Ujung Kulon Terdampak Tsunami Selat Sunda, Bagaimana Kondisi 67 Ekor Badak Jawa?

Life
Diah Fauziah
25 Des 2018   13:00 WIB

Komentar
Taman Nasional Ujung Kulon Terdampak Tsunami Selat Sunda, Bagaimana Kondisi 67 Ekor Badak Jawa?

Badak bercula satu di Taman Nasional Ujung Kulon. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Tsunami di Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu (22/12) malam kemarin, berdampak pada Taman Nasional Ujung Kulon, Banten, Jawa Barat. Taman nasional seluas 120,551 hektare ini didirikan untuk melindungi populasi banteng dan banteng yang populasinya kian berkurang.

Lantas, bagaimana kondisi satwa liar tersebut jika Taman Nasional Ujung Kulon terkena dampak tsunami?

"Kondisi badak yang ada di sini, baik-baik saja. Saya yakin, mereka tidak terkenda dampak tsunami secara langsung karena datangnya dari arah utara, sementara daerah konsentrasi badak ada di pantai selatan," kata Mamat Rahmat, Kepala Taman Nasional Ujung Kulon, Selasa (25/12).

Baca Lainnya : Begini Proses Evakuasi Penyu Raksasa yang Terdampar karena Tsunami Selat Sunda

Namun, Mamat belum melakukan pemeriksaan terhadap hewan bernama ilmiah Rhinoceros sondaicus usai bencana tsunami karena semua petugas di lapangan dievakuasi.

"Kami harus melakukan evakuasi petugas di lapangan demi keamaan dan ketenangan pihak keluarga mereka. Tapi, saya yakin semua badak jawa selamat karena mereka sering di hutan, walaupun habitatnya juga di pantai. Iya, terkadang mereka ke pantai kalau butuh air asin saja. Saat air sungai yang di hutan tercampur air laut, mereka enggak ke pantai. Nah, habitat badak di hutan, jaraknya jauh sekali dari bibir pantai," jelasnya.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Life   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: