Agar Tidak Lemas di Perjalanan, Makanan Ini Harus Dihindari Saat Mudik

Life
Ayu Setyowati
06 Juni 2018   12:15 WIB

Komentar
Agar Tidak Lemas di Perjalanan, Makanan Ini Harus Dihindari Saat Mudik

Gorengan (Foto : Odyssey)

Trubus.id -- Lebaran sebentar lagi dan waktu mudik sudah di depan mata. Meskipun sudah dilakukan dari tahun ke tahun, terkadang kita sering lupa beberapa hal yang harus dilakukan demi mempersiapkan mudik lancar, aman dan nyaman. 

Asupan makan sering sekali terabaikan saat melakukan perjalanan mudik. Prinsip “yang penting kenyang” harus dibuang jauh-jauh saat melakukan perjalanan jauh. Kamu harus tetap memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh agar stamina dapat terjaga selama di perjalanan. 

Perlu diperhatikan bahwa saat mudik biasanya dilakukan sebelum Lebaran, yang artinya kamu masih dalam kondisi berpuasa. Terutama bagi kamu yang mengemudi kendaran pribadi atau yang memiliki tujuan mudik cukup jauh dan memakan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari, berikut beberapa daftar makanan yang perlu dikonsumsi dan yang harus dihindari selama perjalanan mudik. 

Makanan yang harus dihindari 
Terutama bagi kamu yang berpuasa, saat sahur sebaiknya menghindari beberapa makanan berikut: 

Gula
Gula mengandung glukosa sederhana yang dapat membuat tubuh lebih mudah mengantuk. Jadi, hindari penggunaan gula berlebih apalagi yang mengandung pemanis buatan seperti sirup. Minuman manis dapat dikonsumsi saat berbuka puasa, tapi tidak berlebih, ya!

Nasi putih
Mengonsumsi nasi putih memang dapat membuat kita cepat kenyang tapi kadar gulanya yang tinggi dapat membuat tubuh lebih cepat lapar, lelah, dan mengantuk. Pilihlah nasi merah yang dapat membuat kamu kenyang lebih lama.

Gorengan
Kandungan lemak di dalam gorengan membuat metabolisme tubuh berjalan lambat sehingga mudah mengantuk. Apalagi bila sedang kurang fit, gorengan malah bisa membuat sakit tenggorokan. Sediakan pengganti gorengan seperti roti, lemper atau lontong.

Makanan bersantan
Selain dikhawatirkan cepat basi saat dibawa di perjalanan, santan juga  mengandung banyak lemak yang sulit dicerna tubuh. Hal ini akan membuat tubuh lebih mudah lelah dan haus saat puasa.

Sayur kol dan buah nangka
Mengonsumsi sayuran memang dianjurkan saat sahur namun kol, brokoli, kembang kol dan buah nangka punya kandungan gas tinggi yang bisa membuat perut jadi tidak nyaman, perih, hingga kembung. Sebaiknya pilih sayuran seperti mentimun untuk bekal di perjalanan. Selain murah, mentimun juga memiliki sensasi segar saat dimakan dan tidak mudah layu. Untuk buah, pilih buah yang praktis seperti jeruk manis, pisang, dan apel.

Minuman berkafein
Kopi dan teh memang nikmat disesap kapan saja. Meskipun bisa mengurangi kantuk, minuman tersebut juga dapat membuat perut jadi tidak nyaman, sama seperti soda. Selain itu, kandungan kafein akan membuat kita jadi sering berkemih.  Apalagi dalam kondisi kendaraan yang selalu terpapar AC. 

Cemilan Asin
Ngemil saat di perjalanan memang asyik dan dapat menghilangkan rasa bosan. Apalagi bagi anak-anak. Tapi jika kamu mengknsumsi terlalu banyak cemilan asin seperti keripik dan makanan ringan lain yang memiliki kandungan garam tinggi, maka akan menyebabkan tubuh lebih cepat dehidrasi. Pilihlah kacang sehat atau biskuit gandum untuk cemilan di jalan.

Makanan Pedas
Makanan yang pedas bisa merangsang penyakit maag, sakit perut, bahkan mulas di perjalanan. Oleh karena itu, hindari makanan yang pedas meskipun makanan tersebut sering menjadi favorit dan membuat mata ‘segar’ kembali. [KW]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Life   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: