Cegah Kalap Saat Buka Puasa, Ini 5 Triknya

Life
Ayu Setyowati
04 Juni 2018   18:30 WIB

Komentar
Cegah Kalap Saat Buka Puasa, Ini 5 Triknya

Ilustrasi. (Foto : Momooze)

Trubus.id -- Berbuka puasa untuk melepas lapar dan dahaga menjadi momen yang ditunggu-tunggu. Tak jarang, momen ini juga membuat kita ‘lapar mata’ yang berujung kalap saat berbuka. Namun ingat, berbuka tak perlu berlebihan loh, Trubus Mania.

Kalap saat berbuka hanya akan membuat kamu mengalami sakit perut. Selain itu, bisa merusak program diet penurunan bobot yang sudah dilakukan. Inilah tips supaya tidak kalap makan saat berbuka puasa.

1. Sajikan Makanan Secukupnya

Melihat makanan dan minuman yang berlimpah saat berbuka dikatakan pakar bisa membuat nafsu makan meningkat. Meski sudah kenyang, nafsu makan tetap ada karena melihat masih ada makanan yang tersaji di meja. Kebutuhan kalori setelah berbuka berkisar 450 hingga 500 kalori. Namun, karena melihat banyak makanan di meja, yang tadinya sudah kenyang dan cukup, malah nambah makan dan menumpuk kalori.

Baca Lainnya : Puasa Bisa Bantu Regenerasi Sel Usus

2. Teh Manis dan Kurma

Untuk berbuka, cukup hanya dengan teh manis dan kurma saja. Dr. Yunir mengatakan gula darah bisa melonjak naik secara cepat hanya dalam waktu 5 menit usai berbuka jika mengonsumsi kurma dan teh manis.

3. Konsumsi Makanan Bergizi

Asupan minim nutrisi membuat tubuh sulit kenyang. Karena itu, hindari camilan, kerupuk, permen, sirup, dan jus buah kemasan untuk berbuka. Pilih makanan yang natural, berserat dan mengandung karbohidrat seperti buah kurma.

4. Atur Piring Makan

"Makan di rumah ataupun restoran, kamu tetap perlu mengatur piring makanmu. Pastikan dalam piring makan terdapat serat, karbohidrat kompleks, protein, dan lemak sehat," kata ahli gizi Wendy Bazilian, DrPH, RD.

Baca Lainnya : 4 Tips Menjaga Kesehatan Gigi Saat Puasa

Dengan tetap mengatur piring makan, seseorang akan kenyang lebih lama dan tetap memenuhi kebutuhan gizi seimbang sehari-hari.

5. Pesan Makanan Duluan

Saat buka bersama di luar rumah, pastikan kamu memesan makanan ketika tiba. Hal ini dilakukan unutk mencegah rasa lapar mengelabui otak sehingga memesan makanan yang tinggi kalori dan lemak.

"Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa memesan makanan ketika kamu sudah lapar, dapat mengarah pada konsumsi kalori berlebihan," ujar peneliti Eric M. VanEpps dari University of Pennsylvania. [DF]

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Dosen IPB University Berbagi Tips Merawat Ikan Hias

Life   12 Jan 2021 - 10:50 WIB
Bagikan:          
Bagikan: