Perusahaan Produk Krimer Sehat Gelar Pelatihan Kewirausahaan bagi Masyarakat dan Pelaku Usaha Mikro Makanan yang Terdampak Pandemi Covid-19

Kiat
Astri Sofyanti
20 Jan 2021   13:10 WIB

Komentar
Perusahaan Produk Krimer Sehat Gelar Pelatihan Kewirausahaan bagi Masyarakat dan Pelaku Usaha Mikro Makanan yang Terdampak Pandemi Covid-19

pelatihan kewirausahaan bagi masyarakat dan pelaku usaha mikro makanan yang terdampak pandemi Covid-19. (Foto : Tangkapan Layar Pelatihan Kewirausahaan PT Lautan Luas Tbk)

Trubus.id -- Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan, namun juga berdampak pada berbagai aspek kehidupan sosial dan ekonomi. Masyarakat dan pelaku usaha mikro yang terdampak langsung pandemi ini mengalami penurunan ataupun kehilangan pendapatan.

Untuk membantu hal tersebut PT Lautan Luas Tbk. berkolaborasi dengan anak usahanya PT Lautan Natural Krimerindo (LNK) dengan salah satu produknya FiberCreme dan Habitat Indonesia mengadakan pelatihan Kewirausahaan di Tengah Pandemi Covid-19 melalui pelatihan usaha makanan dan minuman bagi masyarakat dan pelaku usaha mikro terdampak pandemi. Seluruh tahapan pelatihan dari pendaftaran, seleksi peserta dan pelatihan kewirausahaan tersebut diadakan secara daring sejak tanggal 15 September 2020 dan berakhir tanggal 20 Januari 2021.    

Pelatihan diikuti oleh 200 orang peserta hasil seleksi dengan materi pelatihan berupa pelatihan memasak dan teknik fotografi makanan dari FiberCreme serta pemasaran masakan dan minuman di jejaring online melalui mitra GrabFood.

Setiap peserta mendapatkan bantuan pembelian bahan baku dan pulsa untuk mendukung kegiatan ini. Pelatihan juga diharapkan menjadi modal dan inspirasi bagi peserta yang terdampak pandemi untuk dapat memproduksi makanan yang enak bisa sehat dengan bahan yang sederhana.

Selain mengikuti pelatihan, peserta diberikan kesempatan untuk mengaplikasikan ilmu yang diterima melalui kompetisi penjualan. Peserta dengan omset terbanyak dari tanggal 12 Desember 2020 sampai dengan 15 Januari 2021 akan menjadi pemenang dan berhak mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp15.000.000, Pemenang kedua sebesar Rp10.000.000, Ketiga sebesar Rp7.000.000, dan tujuh besar pemenang harapan masing-masing mendapatkan hadiah sebesar Rp1.000.000.

“Dalam masa pandemi ini, PT LNK banyak melakukan kegiatan untuk mendukung para pelaku bisnis makanan dan minuman yang terdampak pandemi melalui program FiberCreme Inside.  Kegiatan Pelatihan Kewirausahaan ini pun merupakan perwujudan dari dukungan kami untuk UMKM makanan dan minuman. Melalui salah satu produk kami, FiberCreme, kami berharap bisa memberikan kemudahan dan nilai tambah bagi pelaku usaha makanan dan minuman melalui alternatif produk pengganti santan dan susu yang rendah gula dan tinggi serat sehingga bisa menjangkau lebih banyak kalangan masyarakat yang menginginkan hidup #EnakBisaSehat,” kata Hendrik Gunawan, Direktur PT Lautan Natural Krimerindo, dalam konferensi persnya secara daring, Rabu (20/1/2021).

Hal senada juga diungkapkan oleh Ridwan Adipoetra, Head of Goverment Relations and Assets Management PT Lautan Luas Tbk. Dirinya menyatakan bahwa PT Lautan Luas Tbk melakukan berbagai kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan melalui 4 pilar kegiatan sosial kami yaitu pemberdayaan masyarakat, edukasi, pengembangan mata pencaharian dan lain-lain.

“Pandemi Covid-19 memberikan dampak kepada semua sektor kehidupan sosial masyarakat, baik sektor kesehatan maupun sektor perekonomian. Masyarakat perlu menyiapkan diri menghadapi dampak yang terjadi khususnya agar kebutuhan ekonomi tetap dapat terpenuhi,” tuturnya.

Pada kesempatan yang sama Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia menambahkan “Habitat sebagai organisasi kemanusiaan yang terus mewujudkan misi memperjuangkan kehidupan yang layak bagi semua orang terus berupaya melakukan berbagai hal untuk membantu keluarga-keluarga di Indonesia berpenghasilan rendah yang membutuhkan. Di masa pandemi, banyak dari mereka yang kehilangan pekerjaan sementara mereka diminta di rumah saja. Habitat bersyukur akan adanya pelatihan kewirausahaan ini sebagai inovasi baru untuk membantu keluarga yang terdampak agar meski di rumah saja mereka tetap memiliki pekerjaan dan bisa bertahan di masa sulit,” jelasnya.

Pelatihan kewirausahaan makanan dan minuman yang diselenggarakan secara online ini menjadi salah satu langkah yang tepat karena makanan dibutuhkan setiap hari dan secara online sangat efektif dengan kondisi masyarakat yang masih dianjurkan di rumah cenderung membeli makanan secara online.

Pada Sesi pengumuman pemenang hadir Brand Ambassador FiberCreme, Dian Sastrowardoyo dan William Wongso untuk memberikan motivasi kepada peserta.

“Ada dampak yang lebih besar untuk sosial, pemberdayaan masyarakat, serta inovasi adalah suatu keharusan. Sehingga penting untuk mempunyai manfaat lebih dari sekedar bisnis saja,” ujar Dian Sastrowardoyo.

William Wongso juga memberikan pesan kepada peserta, “Dalam bisnis kuliner yang perlu diperhatikan adalah kebersihan, pemilihan bahan yang baik, tekun, serta konsisten dalam melakukannya. Selalu berinovasi juga penting untuk mengembangkan kualitas.”

Acara Pelatihan Kewirausahaan ini diharapkan tidak hanya menolong masyarakat untuk bertahan di masa pandemi tetapi pelatihan ini menjadi bekal bagi mereka untuk berjuang secara mandiri dan memenuhi kebutuhan hidup sebagai wirausaha yang dapat mendukung kesejahteraan keluarga.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: