ERCB Bangun 30 Jamban di 6 Desa Korban Gempa Lombok

Kiat
Thomas Aquinus
19 Sep 2018   18:00 WIB

Komentar
ERCB Bangun 30 Jamban di 6 Desa Korban Gempa Lombok

Proses pembangunan jamban (Foto : Dok ERCB)

Trubus.id -- Selain pendampingan kesehatan dan kebutuhan alat kebersihan kepada warga korban gempa Lombok, tim Emergency Response Capacity Building (ERCB) juga mendirikan jamban di 6 desa yang telah disiapkan di beberapa titik. Disposal Amphibian Latrine (DAL) sendiri adalah konsep toilet yang dapat dibangun dengan cepat sekitar 2 jam dan sudah bisa langsung digunakan. Keunggulan lain dari DAL adalah toilet dapat dibangun dengan biaya rendah. Bahkan, bisa lebih murah lagi jika ada tenaga relawan. 

Ketua tim ERCB di lapangan, Agung Prasetio dari Bina Swadaya mengatakan, ERCB memberikan bantuan DAL sesuai dengan kebutuhan dan melibatkan warga dalam pembuatannya.

“30 jamban yang akan dibuat dengan melibatkan masyarakat untuk penentuan lokasi dan tenaga kerja,” kata Agung.

Baca Lainnya : ERCB Bantu Logistik 6 Desa di Lombok

ERCB membangun 5 DAL di tiap desa. Adapun desa yang menjadi fokus kegiatan pendampingan ERCB adalah, Desa Santong, Desa Sesait, Desa Kayangan, Desa Kekait, Desa Sandik dan Desa Lembah Sari.

(Foto: Dok ERCB)

Agung menjelaskan, pelibatan warga dalam pembangunan DAL sangat penting. Hal tersebut cukup beralasan karena kedepannya warga yang akan menjaga kebersihan toilet tersebut. 

“Warga dilibatkan dalam pembuatan toilet agar mengetahui cara menggunakan toilet dan perawatannya,” ujar Agung.

Baca Lainnya : Selain Anak, Tim ERCB Juga Berikan Trauma Healing pada Orang Dewasa

Sebelumnya, DAL sendiri tercipta berkat sosok Budi Laksono, ahli biomedis yang prihatin terhadap minimnya kemampuan masyarakat untuk menyediakan jamban sehat di rumah. Untuk itulah sejak tahun 2015, Budi bertekad membangun program 1 juta jamban untuk Indonesia melalui program Disposal Amphibian Latrine (DAL), atau toilet amfibi disposal. 

Bersama Bina Swadaya melalui kerjasama dengan Desa Mandiri Tanpa Korupsi (DMTK), program DAL turut berperan membantu warga korban Lombok di lokasi pengungsian. Jamban sendiri dibutuhkan warga pengungsian yang mengalami keterbatasan toilet ditengah banyaknya para pengungsi. [NN]
 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan: